Rabu, 20 Mei 2015

Cara Mengatasi Galau Dengan Mudah Dan Cepat

Janet's Rich Banana Bread Recipe
cara mengatasi galau
Cara mengatasi galau sebenarnya mudah saja. Cara yang akan dibahas disini cukup sederhana yang bisa anda praktekan sehingga anda mampu mengatasi perasaan galau yang mungkin sebagian sedang mengalaminya. Karena istilah ini cukup populer dan juga hampir semua orang pernah merasakannya, maka ada baiknya kita membahas cara mengatasi galau disini.

Apa itu Galau?

Apa sih galau itu? Galau adalah sebuah istilah yang menggambarkan sebuah keadaan bingung dan biasanya di tambah juga dengan perasaan sedih dan lesu. Perasaan ini biasanya di alami para remaja ataupun anak muda. Dalam kondisi seperti ini, biasanya mereka malas melakukan apapun. Seperti malas makan, malas ngomong, dan cenderung diam saja. Kondisi seperti ini benar-benar berbahaya sekali. Takutnya akhirnya akan menyebabkan stres.

Apa Bahaya Galau?

Apa galau itu berbahaya? Tentu saja. Jika hidup dalam kegalauan maka apalah arti hidup ini. hidup terlalu singkat jika hanya untuk bergalau diri saja. Galau juga membuat hidup tidak bersemangat. Lebih parahnya galau membuat orang menjadi malas beraktivitas. Jika malas beraktivitas apa yang bisa anda hasilkan? Jadi, tentu saja galau sangat berbahaya dan harus segera di atasi karena dampak buruk yang dihasilkannya.

Bagaimana Cara Mengatasi Galau?

Tahukah anda apa yang sebenarnya yang menyebabkan galau? Biasanya galau itu timbul dalam diri karena adanya peristiwa-peristiwa yang tidak menyenangkan. Namun, sebenarnya bukan itu yang menyebabkan galau. Peristiwa-peristiwa itu hanyalah pemicu saja. Sebenarnya yang menyebabkan galau adalah perasaan dalam diri itu sendiri. Biasanya yang merasa galau adalah mereka yang menganggap besar hal-hal yang sebenarnya hanya sepele saja. Jadi, cara terbaik untuk mengatasi galau adalah dengan mengubah pikiran dan perasaan. Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah cara menghilangkan galau tersebut.

1.Cara mengatasi galau dengan membuat pikiran tenang

Galau itu terjadi karena banyaknya pikiran yang mengganggu dan tidak tenang. Jadi, cara pertama yang terbaik adalah dengan menenangkan pikiran terlebih dahulu. Ada banyak cara untuk menenangkan pikiran seperti berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah. Dengan begitu hati dan pikiran kita akan menjadi lebih tenang dan lebih siap untuk menghadapi kegalauan tersebut. Kita lebih bisa berpikir lebih jernih lagi dan terkadang bisa menemukan solusi atas kegalauan kita sendiri.

2.Menghilangkan galau dengan menghindari penyebab galau

Anda tahu apa yang membuat anda bertambah galau disaat galau? Jawabannya adalah mendengarkan lagu-lagu galau, film yang menyedihkan dan membaca novel galau lainnya. Anehnya, sebagian besar orang kalau lagi galau malah mendengarkan lagu sedih. Kenyataannya mereka bertambah galau. Entah apa tujuan mereka. Tetapi, itu sangatlah berbahaya. Daripada mendengarkan lagu galau lebih baik mendengarkan lagu yang berirama ceria sehingga bisa membuat anda lebih ceria.

3. Menyadari bahwa setiap masalah adalah ujian untuk kenaikan level

Kita di uji dengan masalah apapun itu semua tujuannya adalah untuk kenaikan level. Jika kita bisa mengatasi masalah itu dengan sabar maka bisa dipastikan levelnya telah naik satu tingkat. Dengan menyadari hal ini, kita bisa merasa lebih baik. Ingatlah, setiap orang juga memiliki masalah, dan masalah diberikan sesuai dengan kekuatan orang itu dimata Allah. Jadi, semakin berat masalah, berarti semakin kuat anda menurut Allah. Semoga saja dengan merenungkan hal ini bisa menjadi salah satu saat galau.

4. Hadapi setiap masalah, Jangan dihindari!

Permasalahan yang menyebabkan kegalauan adalah hal yang harus kita hadapi, jangan dihindari. Jangan memikirkan betapa berat masalah tetapi fokus saja pada solusi masalah itu. Setiap masalah pasti ada penyelesainnya dan setiap orang mempunyai masalah. Jadi, hadapi saja. Baca juga artikel

5. Cari teman dan minta pendapatnya

Terkadang kita perlu teman untuk sharing dan menanyakan pendapatnya bagaimana kah mengatasi masalah itu. Siapa tahu dengan sharing ini bisa membuat hidup lebih berwarna dan mengurangi galau.
Berkumpul bersama teman juga lebih menyenangkan. Dengan suasana yang ramai dan menyenangkan, itu akan membuat kegalauan menjadi pudar. Namun, anda harus hati-hati, jangan berkumpul dengan teman yang malah akan membuat anda sedih dan mengeluh. Terkadang ada teman yang suka berpikiran negatif. Seperti halnya pikiran positif, pikiran negatif itu sifatnya menular. Usahakan anda bergaul dengan teman-teman yang selalu optimis dan berfikir positif.

6. Perbanyak melakukan aktivitas positif

Cara lain mengatasi rasa galau memperbanyak melakukan aktivitas positif. Atau anda bisa juga melakukan aktivitas yang dianggap menyenangkan misal hobi kita, kita akan lupa segala masalah yang mendala kita, jadi lakukanlah itu sesering mungkin. Cobalah untuk datang kepada teman anda dan ajak dia untuk melakukan hal-hal positif untuk kesenangan. Ini adalah cara ampuh untuk menghilangkan galau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar