Jumat, 08 Mei 2015

Cara Membuat Speaker Aktif dari Komponen Bekas Pakai Mantap !


Ngomong-ngomong soal speaker aktif mengingatkan saya waktu masih duduk di bangku SMP. Kala itu saya baru mengenal apa yang dimaksud dengan speaker aktif, pengertian speaker aktif  adalah amplifier yang dirakit jadi satu dengan speaker dalam satu box atau dengan kata lain "speaker yang ada ampli-nya", sehingga musik yang diputar dari Hp atau perangkat lain dapat langsung terdengar dengan keras.
Saya  memiliki beberapa speaker aktif, namun dari semua itu saya tidak ada yang beli. Herankan..?? lalu dapat dari mana..?? Sedikit cerita, pada saat itu saya suka main ke pasar loak (pengepul rosok), disana saya suka yang namanya bongkar-bongkar barang elektronik, eh tak disangka saya nemu radio bekas lalu iseng-iseng saya bongkar, ternyata didalamnya ada rangkaian yang saya cari.
Dari radio bekas itu saya ambil rangkaian penguat (Amplifier) untuk saya jadikan speaker aktif. Dari pada beli, toh hasilnya sama, yang membedakan hanyalah tampilan kemasan nya saja. Jika dilihat dari segi teknik, prinsip kerja antara speaker aktif pabrikan dengan speaker aktif rakitan sendiri itu sama, bahkan malah ada yang lebih bagus rakitan sendiri dari pada speaker aktif pabrikan.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi Cara sendiri dari bahan-bahan (komponen) yang mudah di dapat di sekitar kita. Kita mulai dari rangkaian yang sederhana dulu, rangkaian ini dapat beroprasi pada tegangan antara 3-12 volt DC dengan arus listrik maksimal 2 Ampere. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar rangkaian di bawah ini.
Skema speaker aktif
Untuk membuat Speaker aktif dari rangkaian di atas, diperlukan alat dan bahan sebagai berikut :
  • Speaker (saya ambil dari TV bekas)
  • Box (saya gunakan botol oli, untuk anda sesuaikan dengan selera)
  • Komponen sesuai skema di atas (saya ambil dari barang elektroik lain yang udah gak ke pakai)
  • Kabel USB (saya gunakan adaptor carger HP 5 volt untuk catu dayanya)
  • Trafo 1 Ampere (bagi yang ingin gunakan catu sendiri)
  • Tenol dan Solder, serta alat pendukung lain untuk perakitan.
Setelah anda lihat dan pahami skema speaker aktif di atas silahkan anda buat layoutnya.   telah saya post beberapa waktu lalu. Setelah layout jadi pasang semua komponen sesuai dengan letaknya masing-masing, kemudian anda tes dahulu dengan catu daya yang kecil. Pastikan tidak ada komponen yang short atau konslet.
Jika semua beres, lanjutkan ke tahap perakitan. O iya satu hal lagi, saya tadi menggunakan kabel usb karena saya menggunakan catu 5 volt dari carger. Sebenarnya dengan kabel usb tadi saya juga bsa gunakan catu dari laptop atau komputer. Apakah aman..?? . Sejauh ini aman-aman saja dan saya belum pernah mengalami kerusakan pada usb laptop/komputer saya akibat penggunaan ini.
Yang penting anda tidak terbalik dalam pemasangan kabelnya, lihat gambar dibawah ini :
pin USB catu
Untuk cek posisi dan warna kabel sesuai Pin yang tertera silahkan gunakan Multimeter, karena jika saya sebutkan warnanya bisa saja setiap kabel USB berbeda, tatapi untuk patokan saja biasanya warna Merah (+), Hitam (-), Hijau (data -), Putih (data +). Jadi anda tinggal ambil warna Merah dan Hitam (dalam gambar +5v dan GND) saja untuk catu daya Speaker Aktif yang anda buat.


Berikut ini adalah speaker aktif  rakitan saya, yang sampai saat ini masih saya gunakan :
Speaker aktif mini

Speaker aktive

Tidak ada komentar:

Posting Komentar